Ads 468x60px

fb

https://www.facebook.com/andhiny.lovefamilyrhezec?fref=ts

Foto Slide Show

" />
" />

Translate

Daftar Pengunjung

Download

Daftar Isi

jam

panitia inagurasi aicom XI

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=655313637826016&set=t.100003637892572&type=3&theater

Senin, 10 Februari 2014

pengantar teknologi informasi



PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
STMIK HANDAYANI




 











Penulis       : Suwandi           ( 2013040027 )
                     Amran Bahar  ( 20130400 )
Penerbit     : Suwandi

Hak cipta dilindungi undang-undang

Kata Pengantar

                Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam pencipta seluruh mahluk, pemberi petunjuk dan pertolongan karena Rahmat dan Hidaya-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kami.
                Kami menyadari sepenuhnya bahwa dala penyusunan rangkuman kami masih terdapat berbagai kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi teknis maupun non teknis. Oleh karena itu, kami mengharapka kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan tugas ini.
Dunia IT saat ini santer dibicarakan dimana-mana. Mengingat kemajuan teknologi perkembangan jauh lebih cepat.Terbukti, untuk mengetahui bagaimana budaya bangsa Aborigin cukup hanya dengan sekali klik. Dunia bisa dilihat langsung di home office masing-masing individu yang mendalami Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi. Demikian derasnya arus perkembangan IT membuat siapapun kewalahan bila ingin mengadopsinya sekaligus dalam satu waktu.
Pengantar Teknologi Informasi adalah sebuah matakuliah yang diberikan kepada seluruh mahasiswa STMIK. Melalui Wadah ini kami berusaha merangkum hasil pembelajaran yang kami peroleh setelah membaca beberapa buah referensi yang kami kaitkan antar satu sama lain agar menjadi sebuah bahan acuan dalam mendalami matakuliah yang satu ini, PTI.
                Akhir kata kami mengucapkan terimakasih banyak, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kami dan pembaca pada umumnya.



Makassar, Februari 2014



SUWANDI & AMRAN BAHA

DAFTAR ISI

Kata pengantar......................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................... ii
Bab I Pengantar Teknilogi Informasi
           1.1 Sejarah Komputer..................................................................   1
           1.2 Pengertian Pengantar Teknologi Informasi.........................   1
           1.3 Pengelompokan Teknologi Informasi ..................................    2
           1.4 Macam-macam Pengelompokan teknologi Informasi.........   2
           1.5 Komponen Sistem Teknologi Informasi...............................   2
           1.6 Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi................................   2
           1.7 Peranan Teknologi Informasi................................................   2
Bab II Sistem Bilangan Komputer
           2.1 Dasar Sistem Komputer.........................................................   4
           2.2 Bilangan Binar........................................................................   4
           2.3 Bilanga Desimal.......................................................................   6
           2.4 Bilangan Oktal........................................................................   6
           2.5 Bilangan Hexadesimal............................................................   8
           2.6 Konversi Bilangan................................................................... 10
Bab III Pengenalan Internet
           3.1 Sejarah Internet...................................................................... 13
           3.2 Arsitektur Jaringan Internet................................................. 16
           3.3 World Wide Web.................................................................... 16
           3.4 E-Mail....................................................................................... 18
           3.5 Telnet........................................................................................ 18
           3.6 FTP........................................................................................... 18
           3.7 E-Mail Discussion Groups..................................................... 19
           3.8 Usenet News............................................................................ 19
           3.9 FAQ,RFC,FYI......................................................................... 20
           3.10 Chat & Instant Messenging................................................. 20
           3.11 Layanan Internet.................................................................. 21
           3.12 Internet Telephony............................................................... 23
Bab IV Unit System
           4.1 Spesifikasi I/O......................................................................... 25
           4.2 Spesifikasi Motherboard........................................................ 25
           4.3 Spesifikasi Power Supply....................................................... 26
           4.4 Spesifikasi Port........................................................................ 27
           4.5 Spesifikasi Main Memory....................................................... 29
           4.6 Spesifikasi Processor............................................................... 30
Bab V Peralatan Input Device

           5.1 Unit Masukan ( Input Device ).............................................. 35
Bab VI Peralatan Output Device
           6.1 Pengerian Output Device........................................................ 35
Bab VII External Storage
           7.1 external Storage....................................................................... 42
           7.2 Disket....................................................................................... 42
           7.3 CD-R (Compact Disc-Recordable)........................................ 43
           7.4 DVD (Digital Versatile Disc).................................................. 43
           7.5 Memory Card (MC)................................................................ 44
           7.6 Flash Disk................................................................................ 44
Daftar pustaka......................................................................................... 45

Bab I
Pengantar Teknologi Informasi
1.1 Sejarah Komputer
Komputer berasal dari kata to compute, yang berarti berhitung.Karena mendapat akhiran -ermaka computer berarti alat hitung. Memang pada awalnya komputer diciptakan untuk mempercepat proses perhitungan aritmetika. Namun pada perkembangannya yang revolusioner komputer tidak hanya dipergunakan untuk perhitungan tetapi secara umum dipergunakan untuk pengolahan data. Sehingga istilah computer mengalami perubahan makna, yaitu :Perangkat elektronik yang berfungsi mengolah datamenjadi informasi
Dari pengertian di atas mungkin muncul suatu pertanyaan. Apakah perbedaan antara data dan informasi itu?.Data adalah kumpulan fakta-fakta yang dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol lainnya.Sedang pengertian informasi adalah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih berguna.
Dalam dunia komputer dikenal beberapa aspek dasar komputer antara lain :
  • Perangkat keras (Hardware)
  • Perangkat lunak (Software)
  • Perangat manusia (Brainware)
1.2 Pengertian Pengantar Teknologi Informasi
Di defenisikan sebagai berikut :
Ø  Pengertian Teknologi adalah pengembangan dan aplikasidarialat, mesin material danproses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Ø  Pengertian Informasi adalah hasil pemprosesan, manipulasi dari pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mampunyai nilai pengetahuan bagi pengunanya.
Ø  Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang untuk mengololah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan pemerintah dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

1.3 Pengelompokan Teknologi Informasi
Pengelompokkan teknologi informasi tebagi menjadi 2 diantaranya yaitu:
Ø  Teknologi komputer
Teknologi Komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer seperti Printer, pembaca sidik jari dan bahkan CD room.
Ø  Teknologi komunikasi
Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan  komunikasi jarak jauh, contoh : Televisi, Telepon, radio dll.
1.4 Macam-macam Pengelompokan Teknologi Informasi
ada beberapa macam pengelompokan Teknologi Informasi di antaranya yaitu :
·       Teknologi Masukan atau (Keyboard dan Mouse)
·       Mesin Pemprosesan
·       Teknologi Penyimpanan
·       Teknologi Pengeluaran (layar dan monitor)
·       Teknologi Perangkat Lunak (Microsoft, Word, Adobe Photoshop dll
·       Teknologi Komunikasi
1.5 Komponen Sistem Teknologi informasi
Sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi komponen utama sistem teknologiinformasi yaitu :
1.        Perangkat Keras ( HARDWARE )
2.        Perankat Lunak ( SOFTWARE )
3.        Orang ( BRAIMWARE ).
1.6     Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi
Menurut Fungsi sistem
a.        Sistem teknologi Informasi yang melekat di decated IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain.
b.        Sistem Teknologi Informasi yang khusus adalah teknologi yang di rancanng untuk melkukan tugas-tugas khusus contoh ATM.
c.        Sistem Teknologi Informasi Serbaguna adala sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan bebagai aktifitas yang bersifat umum contoh : PC ( Personal Computer ).
1.7 Perana Teknologi Informasi (TI)
1.        Teknologi Informasi menggatikan perab manusia dalam hal ini Teknologi Informasi merupakan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
2.        Teknologi merupakan peran manusia yakni dengan menyaksikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.

3.        Teknologi Informasi berperan dalam retrukturisasi terhadap peran manusia dalam hal ini teknologi beperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntun manusia untuk mencoba  membuat perubahan di segala jenis kehidupan yang tujuannya adalah mendapatkan hasih atau kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.
Banyaknya sektor kehidupan yang ada di hadapkan membuka inovasi baru bagi kitauntuk menciptakan suatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Namun semua inovasi tersebut hendanya harus dibatasi oleh aturan hukum negara dan budaya bangsa indonesia.

Pada zaman prasejarah teknologi sudah ada seperti asap, lukisan pada  kita temukan dinding-dinding goa
Teknologi Informasi mencakup teknologi komputer dan Teknologi Telekomunikasi.

Bab II
Sistem Bilangan Komputer

System bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilanan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system biilangan desimal, yaitu sisitem bilangan yang menggunakan 10 macam symbol untuk mewakili suatu besaran.Sistem ini banyak digunakan karena manusia mempunyai sepuluh jari untuk dapat membantu perhitungan.Lain halnya dengan komputer, logika di komputer diwakili oleh bentuk elemen dua keadaan yaitu off (tidak ada arus) dan on (ada arus).Konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan binary yang mempunyai dua macam nilai untuk mewakili suatu besaran nilai.
Selain system bilangan biner, komputer juga menggunakan system bilangan octal dan hexadesimal.
2.1 Dasar Sistem Komputer
         * Terdiri dari bilangan (0,1)
-   Desiman ( Perkalian dengan posisi nilainya)
         Binar       - Oktal
-   Hexadesimal

         * Tediri dari bilangan (0,9)
                            - Binar
         Desimal      -Oktal
                            - Hexadesimal
         * Terdiri dari 7 bilangan  (0,1,2,3,4,5,6,7)
                       - Desimal
         Oktal     - Binar
                       - Hexadesimal
         * terdiri dari 16 bilangan (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f)
                                      - Desimal
         Hexadesimal        - Oktal
                                      - Binar
2.1 Bilangan Binar
         Sistem bilangan binary menggunakan 2 macam symbol bilangan berbasis 2digit angka, yaitu 0 dan 1.

Contoh bilangan 1001 dapat diartikan :
1 0 0 1
1 x 2 0 = 1
0 x 2 1 = 0
0 x 2 2 = 0
1 x 2 3 = 8
10 (10)
Operasi aritmetika pada bilangan Biner :

a. Penjumlahan
Dasar penujmlahan biner adalah :
0 + 0 = 0
0 + 1 = 1
1 + 0 = 1
1 + 1 = 0 dengan carry of 1, yaitu 1 + 1 = 2, karena digit terbesar ninari 1, maka harus dikurangi dengan 2 (basis), jadi 2 – 2 = 0 dengan carry of 1
contoh :
1111
10100 +
100011
atau dengan langkah :
1 + 0 = 1
1 + 0 = 1
1 + 1 = 0 dengan carry of 1
1 + 1 + 1 = 0
1 + 1 = 0 dengan carry of 1 1 0 0 0 1 1
b. Pengurangan
Bilangan biner dikurangkan dengan cara yang sama dengan pengurangan bilangan desimal. Dasar pengurangan untuk masing-masing digit bilangan biner adalah :
0 – 0 = 0
1 – 0 = 1
1 – 1 = 0
0 – 1 = 1 dengan borrow of 1, (pijam 1 dari posisi sebelah kirinya).
Contoh :
11101
1011 -
10010
dengan langkah – langkah :
1 – 1 = 0
0 – 1 = 1 dengan borrow of 1
1 – 0 – 1 = 0
1 – 1 = 0
1 – 0 = 1
1 0 0 1 0
c. Perkalian
Dilakukan sama dengan cara perkalian pada bilangan desimal. Dasar perkalian bilangan biner adalah :
0 x 0 = 0
1 x 0 = 0
0 x 1 = 0
1 x 1 = 1




2.2 Bilangan Desimal
Sistem ini menggunakan 10 macam symbol yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,dan 9. system ini menggunakan basis 10. Bentuk nilai ini dapat berupa integer desimal atau pecahan Integer desimal :
adalah nilai desimal yang bulat, misalnya 8598 dapat diartikan :
8 x 103 = 8000
5 x 102 = 500
9 x 101 = 90
8 x 100 = 8
8598
position value/palce value absolute value
Absolue value merupakan nilai untuk masing-masing digit bilangan, sedangkan position value adalah merupakan penimbang atau bobot dari masing-masing digit tergantung dari letak posisinya, yaitu nernilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya.
Pecahan desimal :
Adalah nilai desimal yang mengandung nilai pecahan dibelakang koma, misalnya nilai 183,75 adalah pecahan desimal yang dapat diartikan :
1 x 10 2 = 100
8 x 10 1 = 80
3 x 10 0 = 3
7 x 10 –1 = 0,7
5 x 10 –2 = 0,05
183,75
2.4  Bilangan Oktal
Sistem bilangan Oktal menggunakan 8 macam symbol bilangan berbasis 8 digit angka, yaitu 0 ,1,2,3,4,5,6,7.
Position value system bilangan octal adalah perpangkatan dari nilai 8.
Contoh
:
12(8) = …… (10)
2 x 8 0 = 2
1 x 8 1 =8 10
Jadi 10 (10)
Operasi Aritmetika pada Bilangan Oktal
a. Penjumlahan
Langkah-langkah penjumlahan octal :
- tambahkan masing-masing kolom secara desimal
- rubah dari hasil desimal ke octal
- tuliskan hasil dari digit paling kanan dari hasil octal
- kalau hasil penjumlahan tiap-tiap kolom terdiri dari dua digit, maka digit paling kiri merupakan carry of untuk penjumlahan kolom selanjutnya.
Contoh
:
Desimal Oktal

21
87 +
108
25
127 +
154
5 10 + 7 10 = 12 10 = 14 8
2 10 + 2 10 + 1 10 = 5 10 = 5 8
1 10 = 1 10 = 1 8
b. Pengurangan
Pengurangan Oktal dapat dilaukan secara sama dengan pengurangan bilangan desimal.
Contoh :
Desimal Oktal
108
87 -
21
154
127 -
25
4 8 – 7 8 + 8 8 (borrow of) = 5 8
5 8 – 2 8 – 1 8 = 2 8
1 8 – 1 8 = 0 8
d.     Perkalian
Langkah – langkah :
- kalikan masing-masing kolom secara desimal
- rubah dari hasil desimal ke octal
- tuliskan hasil dari digit paling kanan dari hasil octal
- kalau hasil perkalian tiap kolol terdiri dari 2 digit, maka digit paling kiri merupakan carry of untuk ditambahkan pada hasil perkalian kolom selanjutnya.
Contoh :
Desimal Oktal
14
12 x
28
14 +
168
16
14 x
70
4 10 x 6 10 = 24 10 = 30 8
4 10 x 1 10 + 3 10 = 7 10 = 7 8
16
14 x

70
16
1 10 x 6 10 = 6 10 = 6 8
1 10 x 1 10 = 1 10 = 1 8
16
14 x
70
16 +
250
7 10 + 6 10 = 13 10 = 15 8
1 10 + 1 10 = 2 10 = 2 8
d. Pembagian
Desimal Oktal
12 / 168 \ 14
12 -
48
48 –
0
14 / 250 \ 16
14 – 14 8 x 1 8 = 14 8
110
110 – 14 8 x 6 8 = 4 8 x 6 8 = 30 8
0 1 8 x 6 8 = 6 8 +
110 8
2.5 Bilangan Hexadesimal
Sistem bilangan Oktal menggunakan 16 macam symbol bilangan berbasis 8 digit angka, yaitu 0 ,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,Edan F
Dimana A = 10, B = 11, C= 12, D = 13 , E = 14 dan F = 15
Position value system bilangan octal adalah perpangkatan dari nilai 16.
Contoh :
C7(16) = …… (10)
7 x 16 0 = 7
C x 16 1 = 192 199
Jadi 199 (10)
Operasi Aritmetika Pada Bilangan Hexadesimal
a. Penjumlahan
Penjumlahan bilangan hexadesimal dapat dilakukan secara sama dengan penjumlahan bilangan octal, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Langkah-langkah penjumlahan hexadesimal :
- tambahkan masing-masing kolom secara desimal
- rubah dari hasil desimal ke hexadesimal
- tuliskan hasil dari digit paling kanan dari hasil hexadesimal
- kalau hasil penjumlahan tiap-tiap kolom terdiri dari dua digit, maka digit paling kiri merupakan carry of untuk penjumlahan kolom selanjutnya.

2989
1073 +
4062
BAD
431 +
FDE
D 16 + 1 16 = 13 10 + 110 = 14 10 = E 16
A 16 + 3 16 = 10 10 + 3 10 = 13 10 =D 16
B16 + 4 16 = 1110 + 4 10 = 15 10 = F 16
b. Pengurangan
Pengurangan bilangan Hexadesimal dapat dilakukan secara sama dengan pengurangan bilangan desimal.
Contoh :
Desimal Hexadesimal
4833
1575-
3258
12E1
627-
CBA
16 10 (pinjam) + 1 10 – 7 10 = 10 10=A16
14 10-7 10- -1 10(pinjam)=11 10= B 16
16 10 (panjam)+2 10-6 10=12 10=C 16
1 10- 1 10 (pinjam) 0 10=0 16
c. Perkalian
Langkah- langkah :
-   Kalikan masing-masing kolom secaca desimal.
-   Rubah dari hasil desimal ke octal
-   Tuliskan hasil dari digit paling kanan dari hasil octal
-   Kalau hasil perkalian tiap kolom terdiri dari 2 digit, maka digit paling kiri merupakan  carry of untuk ditambahkan pada hasil perkalian kolomm selanjutnya.
Contoh :
Desimal Hexadesimal
172
27x
1204
344+
4644

AC
1Bx
764
C 16 x B 16=12 10 x 11 10=84 16
A 16 x B 16+816=10 10 x 1110 + 810=76 16

2.6 Konversi Bilangan
Konversi bilangan adalah suatu proses dimana satu system bilangan dengan basis tertentu akan dijadikan bilangan dengan basis yang alian.
Konversi dari bilangan Desimal
1.    Konversi dari bilangan Desimal ke biner
Yaitu dengan cara membagi bilangan desimal dengan dua kemudian diambil sisa pembagiannya.
Contoh :
45 (10) = …..(2)
45 : 2 = 22 + sisa 1
22 : 2 = 11 + sisa 0
11 : 2 = 5 + sisa 1
5 : 2 = 2 + sisa 1
2 : 2 = 1 + sisa 0 101101(2) ditulis dari bawah ke atas
2.    Konversi bilangan Desimal ke Oktal
Yaitu dengan cara membagi bilangan desimal dengan 8 kemudian diambil sisa pembagiannya.
Contoh :
1583 ( 10 ) = ….(16)
1583 : 16 = 98 + sisa 15
96 : 16 = 6 + sisa 2
62F (16)
Konversi dari system bilangan Biner
1.    Konversi ke desimal
Yaitu dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position valuenya.
Contoh :
1 0 0 1
1 x 2 0 = 1
0 x 2 1 = 0
0 x 2 2 = 0
1 x 2 3 = 8
10 (10)
2.    Konversi ke Oktal
Dapat dilakukan dengan mengkonversikan tiap-tiap tiga buah digit biner yang dimulai dari bagian belakang
Contoh :
11010100 (2) = ………(8)
11 010 100
3 2 4
diperjelas :
100 = 0 x 2 0 = 0
0 x 2 1 = 0
1 x 2 2 = 4
4

Begitu seterusnya untuk yang lain.
3.    Konversi ke Hexademial
Dapat dilakukan dengan mengkonversikan tiap-tiap empat buah digit biner yang dimulai dari bagian belakang.
Contoh :
11010100
1101 0100
D 4
Konversi dari system bilangan Oktal
1
. Konversi ke Desimal
Yaitu dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position valuenya.
Contoh :
12(8) = …… (10)
2 x 8 0 = 2
1 x 8 1 =8 10
Jadi 10 (10)
2.  Konversi ke Biner
Dilakukan dengan mengkonversikan masing-masing digit octal ke tiga digit biner.
Contoh :
6502 (8) ….. = (2)
2 = 010
0 = 000
5 = 101
6 = 110
jadi 110101000010
3.  Konversi ke Hexadesimal
Dilakukan dengan cara merubah dari bilangan octal menjadi bilangan biner kemudian dikonversikan ke hexadesimal.
Contoh :
2537 (8) = …..(16)
2537 (8) = 010101011111
010101010000(2) = 55F (16)
Konversi dari bilangan Hexadesimal
1.  Konversi ke Desimal
Yaitu dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position valuenya.

Contoh :
C7(16) = …… (10)
7 x 16 0 = 7
C x 16 1 = 192 199
Jadi 199 (10)

2.     Konversi ke Oktal
Dilakukan dengan cara merubah dari bilangan hexadesimal menjadi biner terlebih dahulu kemudian dikonversikan ke octal.
Contoh :
55F (16) = …..(8)
55F(16) = 010101011111(2)
010101011111 (2) = 2537 (8)

Bab III
Pengenalan Internet

DefinisiInternet(Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya. 

3.1     Sejarah Internet
Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan namaARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.

Di awal 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer), akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. Sesudahnya, internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi, masing-masing UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC).Berkutnya, protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982, disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.
Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET), yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset.NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan.Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Australia, negara-negara Skandinavia, Inggris, Perancis, jerman, Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini.
Pada awalnya, internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, email/messaging, maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Namun demikian, WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana, tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini.

Untuk tersambung ke jaringan internet, pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disebut ISP (Internet Service Provider).Media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP, Point to Point Protocol).Pengguna memanfaatkan komputer yang dilengkapi dengan modem (modultor and demodulator) untuk melakukan dialup ke server milik ISP.Begitu tersambung ke server ISP, lalu komputer si pengguna sudah siap digunakan untuk mengakses jaringan internet. Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.
Saluran telepon via modem bukan satu-satunya cara untuk tersambung ke layanan internet. Sambungan juga dapat dilakukan melalui saluran dedicated line seperti ISDN (Integrated System Digital Network) dan ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), maupun via satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal). Sayangnya, alternatif-alterantif ini terhitung cukup mahal untuk ukuran pelanggan perorangan.
Belakangan, internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan telepon seluler.Untuk ini digunakan protokol WAP (Wireless Aplication Protocol).WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard) yang berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.
Selain WAP, juga dikembangkan GPRS (General Packet Radio Service) sebagai salah satu standar komunikasi wireless. Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.

3.2 Arsitektur Jaringan Internet
Definisi paling sederhana dari jaringan data untuk menghubungkan dua komputer atau lebih satu sama lain untuk berbagi data dan sumber daya serta berkomunikasi. Jaringan ada dalam berbagai ukuran dan bentuk, dari jaringan rumah untuk jaringan WAN. Meskipun peran yang berbeda dan berbagai ukuran jaringan, tetapi memiliki beberapa kesamaan umum pada semua jaringan, seperti protokol, arsitektur dan disaintopologi.
Pada dasarnya arsitektur jaringan komputer dibagi menjadi tiga jenis dasar seperti.
1.        LAN (local area network), MAN (Metropolitan area network) dan WAN (wide area network. Sebuah LAN terdiri dari dua atau lebih komputer di ruang yang sama dengan menggunakan fiber optik atau kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan LAN, jaringan pribadi dan jaringan LAN perkantoran.
2.        MAN jenis jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer di dua lokasi geografis yang berbeda di kota yang sama. MAN dapat menggunakan (kabel fiber optik) atau nirkabel dan sejumlah perangkat komunikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan MAN.
3.        WAN terdiri dari dua atau lebih komputer di dua wilayah geografis yang berbeda (berbagai kota atau negara) dan dengan metode yang berbeda, untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan WAN dibutuhak provider yang menyewakan( signal ISDN, gelombang radio, gelombang mikro, koneksi dial-up dan konektivitas melalui satelit). Internet adalah WAN terbesar di dunia. Dengan penemuan jaringan nirkabel, teknologi mobile dan optik penggunaan kabel telah menurun.
3.3     World Wide Web
World Wide Web (disingkat sebagai Web atau WWW) adalah suatu sistem dari server internet yang mendukung hypertext untuk mengakses beberapa protokol internet pada satu antarmuka. Hampir setiap jenis protokol yang tersedia di Internet dapat diakses di Web.Ini termasuk e-mail, FTP, Telnet, dan Usenet News. Selain ini, World Wide Web memiliki protokol sendiri: HyperText Transfer Protocol, atau HTTP. Protokol-protokol ini akan dijelaskan nanti dalam dokumen ini.

World Wide Web menyediakan antarmuka tunggal untuk mengakses semua protokol ini.Ini menciptakan nyaman dan lingkungan yang ramah pengguna.Hal ini tidak lagi diperlukan untuk menjadi fasih dalam protokol-protokol ini dalam terpisah, perintah-tingkat lingkungan.Web mengumpulkan bersama-sama protokol-protokol ini ke dalam satu sistem.Karena fiturini, dan karena Web kemampuan untuk bekerja dengan multimedia dan bahasa pemrograman tingkat lanjut, Web adalah tumbuh paling cepat komponen dari Internet.

Pengoperasian Web bergantung terutama pada hypertext sebagai sarana informasi.HyperText adalah sebuah dokumen yang berisi kata-kata yang terhubung ke dokumen lain. Kata-kata ini disebut link dan dipilih oleh pengguna.Sebuah dokumen hypertext dapat mengandung link ke banyak dokumen. Dalam konteks Web, kata-kata atau grafis dapat berfungsi sebagai link ke dokumen lain, gambar, video, dan suara. Link mungkin atau mungkin tidak mengikuti jalan yang logis, karena setiap koneksi diprogram oleh pencipta dari dokumen sumber. Secara keseluruhan, Web berisi Web virtual yang kompleks koneksi di antara sejumlah besar dokumen, grafik, video, dan suara.

Memproduksi hypertext untuk Web dicapai dengan membuat dokumen dengan bahasa yang disebut HyperText Markup Language, atau HTML. Dengan HTML, tag ditempatkan di dalam teks untuk mencapai format dokumen, fitur visual seperti ukuran font, huruf miring dan tebal, dan penciptaan link hypertext. Grafis dan multimedia juga dapat dimasukkan ke dalam dokumen HTML.HTML adalah bahasa yang berkembang, dengan tag baru ditambahkan sebagai masing-masing meng-upgrade dari bahasa adalah dikembangkan dan dilepaskan. World Wide Web Consortium (W3C), dipimpin oleh pendiri Web Tim Berners-Lee, mengkoordinasikan upaya standarisasi HTML. W3C sekarang menyebut bahasa XHTML dan mempertimbangkan untuk menjadi sebuah aplikasi dari bahasa XML standar.
World Wide Web terdiri dari file, yang disebut halaman atau halaman rumah, yang berisi link ke dokumen dan sumber daya di seluruh Internet.
Web menyediakan array yang luas dari pengalaman termasuk presentasi multimedia, kolaborasi real-time, halaman interaktif, radio dan televisi, dan otomatis "push" informasi ke komputer klien.Bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, Visual Basic, Cold Fusion dan XML adalah kemampuan memperluas Web.Semakin banyak informasi di Web ini dilayani secara dinamis dari konten yang disimpan dalam database.Oleh karena itu Web tidak entitas yang tetap, tapi satu yang berada dalam keadaan konstan pembangunan dan fluks.
Untuk informasi lebih lengkap tentang World Wide Web, lihat Memahami World Wide Web.

3.4     E-Mail
E-mail, atau e-mail, memungkinkan pengguna komputer lokal dan di seluruh dunia untuk bertukar pesan. Setiap pengguna e-mail memiliki alamat kotak surat pesan yang akan dikirim. Pesan yang dikirim melalui e-mail dapat tiba dalam hitungan detik.
Sebuah aspek kuat dari e-mail pilihan untuk mengirimkan file elektronik ke orang e-mail. Non-ASCII file, yang dikenal sebagai file biner, dapat disertakan pada pesan e-mail. File-file ini disebut sebagai attachments.MIME MIME singkatan dari Multimedia Internet Mail Extension, dan dikembangkan untuk membantu software e-mail menangani berbagai jenis file. Sebagai contoh, sebuah dokumen yang dibuat dalam Microsoft Word dapat dilampirkan ke pesan e-mail dan diambil oleh penerima yang sesuai dengan program e-mail.Banyak program e-mail,termasuk Eudora, Netscape Messenger, dan Microsoft Outlook, menawarkan kemampuan untuk membaca file yang ditulis dalam HTML, yang itu sendiri merupakan tipe MIME.
3.5     Telnet
Telnet adalah program yang memungkinkan Anda untuk login ke komputer di Internet dan menggunakan database online, katalog perpustakaan, layanan obrolan, dan banyak lagi. Tidak ada grafik di sesi Telnet, hanya teks.Untuk Telnet ke komputer, Anda harus tahu alamatnya.Hal ini dapat terdiri dari kata-kata (locis.loc.gov) atau angka (140.147.254.3).Beberapa layanan memerlukan Anda untuk terhubung ke port tertentu pada komputer remote.Dalam kasus ini, ketik nomor port setelah alamat Internet. Contoh: telnet nri.reston.va.us 185.
Telnet adalah tersedia di World Wide Web.Mungkin yang paling umum berbasis Web sumber daya yang tersedia melalui Telnet telah katalog perpustakaan, meskipun sebagian besar katalog sejak bermigrasi ke Web. Sebuah link ke sumber daya Telnet mungkin tampak seperti link lain, tetapi akan meluncurkan sesi Telnet untuk membuat koneksi. Sebuah program Telnet harus diinstal pada komputer lokal Anda dan dikonfigurasi untuk browser Web Anda agar dapat bekerja.
Dengan meningkatnya popularitas Web, Telnet telah menjadi kurang sering digunakan sebagai sarana akses informasi di Internet.
3.6 FTP
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. Ini adalah kedua program dan metode yang digunakan untuk mentransfer file antara komputer. Anonymous FTP adalah sebuah opsi yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dari host ribuan komputer di internet ke komputer pribadi mereka rekening. Situs FTP yang berisi buku, artikel, software, game, gambar, suara, multimedia, tentu saja bekerja, data set, dan banyak lagi.
Jika komputer Anda terhubung langsung ke Internet melalui kabel Ethernet,

Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa program perangkat lunak PC, seperti WS_FTP untuk Windows, untuk melakukan transfer file
FTP transfer dapat dilakukan di World Wide Web tanpa perlu software khusus. Dalam kasus ini, Web browser akan cukup. Setiap kali Anda men-download perangkat lunak dari sebuah situs Web ke komputer lokal Anda, Anda menggunakan FTP.Anda juga dapat mengambil file FTP melalui mesin pencari seperti FtpFind, yang terletak di / http://www.ftpfind.com/.Pilihan ini paling mudah karena Anda tidak perlu mengetahui perintah-perintah program FTP.

3.7 E-Mail Discussion Groups
Salah satu keuntungan Internet adalah kesempatan ini menawarkan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi melalui e-mail. Internet adalah rumah bagi sebuah komunitas besar dari individu-individu yang melakukan diskusi aktif diorganisir sekitar topik forum yang berorientasi didistribusikan melalui e-mail.Ini dikelola oleh program perangkat lunak.Mungkin program paling umum adalah listserv.
A great berbagai topik yang dilindungi oleh listservs, banyak dari mereka akademis di alam. Bila Anda berlangganan ke listserv, pesan dari pelanggan lain secara otomatis dikirim ke kotak surat elektronik Anda. Anda berlangganan listserv dengan mengirimkan e-mail ke sebuah program komputer yang disebut listserver. Listservers terletak di jaringan komputer di seluruh dunia.Program ini menangani informasi berlangganan dan mendistribusikan pesan-pesan ke dan dari pelanggan. Anda harus memiliki account e-mail untuk berpartisipasi dalam kelompok diskusi listserv. Kunjungi Tile.net di / http://tile.net/ untuk melihat contoh situs yang menawarkan searchablecollection e-mail kelompok diskusi. Majordomo danListproc adalah dua program lain yang mengelola e-mail kelompok diskusi. Perintah untuk berlangganan ke dan mengelola daftar keanggotaan adalah serupa dengan listserv.
3.8     Usenet News
Usenet News adalah papan buletin elektronik global sistem di mana jutaan pengguna komputer bertukar informasi tentang berbagai macam topik. Perbedaan utama antara Usenet News dan e-mail kelompok diskusi adalah fakta yang pesan Usenet disimpan pada komputer pusat, dan pengguna harus terhubung ke komputer tersebut untuk membaca atau mendownload pesan yang diposting ke grup ini. Ini adalah berbeda dari distribusi e-mail, dimana pesan tiba di kotak surat elektronik dari daftar masing-masing anggota.
Ada ribuan newsgroup Usenet dalam keberadaan.Sementara banyak yang akademis di alam, banyak newsgroups diorganisir sekitar topik rekreasi.Banyak serius pekerjaan yang berkaitan dengan komputer terjadi dalam diskusi Usenet. Sejumlah kecil e-mail kelompok diskusi juga ada sebagai newsgroup Usenet

Usenet newsfeed yang dapat dibaca oleh berbagai program perangkat lunak pembaca berita.Sebagai contoh, Netscape suite dilengkapi dengan sebuah program yang disebut newsreader Messenger.Pembaca berita juga tersedia sebagai produk standalone.
3.9     FAQ,RFC,FYI
FAQ merupakan singkatan dari Frequently Asked Questions. Ini adalah posting periodik Usenet newsgroup yang berisi banyak informasi yang berkaitan dengan topik dari newsgroup.Banyak FAQs adalah sangat luas.Tanya Jawab yang tersedia dengan berlangganan newsgroup Usenet individu.A Web-based koleksi sumber daya FAQ telah dikumpulkan oleh Internet Konsorsium FAQ dan tersedia di / http://www.faqs.org/
.RFC berarti Request for Comments.Ini adalah dokumen yang dibuat oleh  dan dibagikan kepada komunitas internet untuk membantu mendefinisikan kacang-kacangan dan baut dari Internet.Mereka mengandung spesifikasi teknis dan informasi umum
FYI adalah singkatan dari For Your Information.Catatan ini adalah subset dari RFC dan berisi informasi yang menarik bagi pengguna internet baru.
Link ke indeks dari ketiga sumber daya informasi ini tersedia di situs web Perpustakaan Universitas di / http://library.albany.edu/reference/faqs.html.
3.10 Chat & Instant Messenging
Memungkinkan pengguna program chatting di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain dengan mengetikkan secara real time. Mereka kadang-kadang dimasukkan sebagai fitur dari situs Web, di mana pengguna dapat login ke dalam "chat room" untuk bertukar komentar dan informasi tentang topik yang dibahas di situs. Chat dapat mengambil lain yang lebih luas bentuk. Sebagai contoh, America Online terkenal karena mensponsori beberapa topikal chat room.
Internet Relay Chat (IRC) adalah layanan di mana para peserta dapat berkomunikasi satu sama lain pada ratusan saluran. Saluran ini biasanya berdasarkan topik tertentu.Meskipun banyak topik adalah sembrono, percakapan substantif juga telah mengambil tempat. Untuk mengakses IRC, anda harus menggunakan program perangkat lunak IRC.
Sebuah variasi dari chatting adalah fenomena instanmessenging.Messenginginstan, pengguna di Web dapat menghubungi pengguna lain sedang log in dan jenis percakapan. Paling terkenal adalah America Online's Instant Messenger. ICQ, MSN dan Yahoo adalah lain yang umum digunakan program chatting.
Jenis lain real-time komunikasi akan dibahas dalam tutorial Memahami World Wide Web.
MUD / bubur / MOO / kotoran / dum / MUSE
MUD berarti Multi User Dimension. MUD, dan variasi yang terdaftar di atas, adalah multi-user virtual reality game simulasi yang didasarkan pada dunia. Secara tradisional berbasis teks, grafis MUD sekarang ada.Ada MUD

 dari semua jenis di Internet, dan banyak dapat bergabung secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut, baca salah satu FAQs dikhususkan untuk MUD tersedia di situs FAQ.
3.11  Layanan Internet
- Layanan dasar:
E-mail (Electronic Mail)
Ini adalah layanan penyampaian pesan lewat jaringan internet. Mirip seperti surat-menyurat lewat pos. Bedanya, e-mail tidak membutuhkan perangko dan petugas pos. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah program e-mail seperti Outlookdan Outlook Express.Atau dapat jugamemanfaatkan fasilitas secara online, yaitu e-mail berbasis Web.Kita perlu akses internet dan membuat akun yang dilindungi oleh password.
Dalam e-mail, sebuah alamat dilengkapi dengan simbol @ (dibaca at dalam bahasa Inggris) yang memisahkan nama pengguna dengan nama domainnya. Kita dapat menyimpan alamat-alamat e-mail teman ke dalam address book yang telah tersedia, dan berkirimsurat elektronik pada mereka. Fasilitas ini jauh lebih mudah, murah dan cepat jika dibandingkan dengan pengiriman surat manual lewat jasa Pos.
FTP(File Transfer Protocol)
FTP menentukan standar-standar dalam mentransfer file dengan uploaddandownload. Upload juga dikenal dengan nama "unggah", sedangkan download memiliki nama lain "unduh". File yang ditransfer dapat berupa file gambar, teks, video dan lainnya.
Terdapat suatu situs FTP yang berisi tentang file-file yang diam dalam suatu server.Banyak diantara situs-situs tersebut yang memiliki FTP anonim, dimana semua orang dapat melakukan transfer file. Namun ada juga yang membatasi file transfer hanya oleh mereka yang memiliki akun yang terotorisasi (dilengkapi password) pada server FTP itu.
Newsgroup
Di sini merupakan area diskusi online bagi pengguna tentang objek-objek tertentu. Kita dapat bergabung dengan group ini dan mengirim pesan untuk ditanggapi oleh anggota lain. Ada juga yang mengharuskan kita untuk registrasi dulu untuk mendapatkan username dan password.Atau ada juga newsgroup yang khusus untuk komunitas tertentu.
Misalnya mahasiswa matakuliah tertentu yang dilengkapi dengan nama dan sandi mereka sendiri, akan dapat memasuki area diskusi sehingga pihak lain tidak dapat ikut campur dalam kuliah mereka.Biasanya kita menggunakan program Newsreader untuk berpartisipasi di dalamnya.Namun ada juga kelompok diskusi yang tidak membutuhkan fasilitas ini.Mereka menggunakan Message Board (papan pesan) yang relatif lebih mudah digunakan.

Milis (Mailing List)
Milis adalah kelompok alamat e-mail yang memiliki suatu nama tunggal, yang menyatukan mereka dalam kelompok diskusi. Jika salah seorang anggota mengirim e-mail pada milis, maka otomatis seluruh anggota akan menerimanya. Biasanya dikelola oleh orang-orang yang memiliki kesamaan tertentu, misalnya kesamaan institusi, atau kesamaan hobi.
Chatting atau mengobrol, berarti melakukan pembicaraan tertulis real-time (saat itu juga) dalam komputer. Chat Room adalah lokasi pada server internet yang menampung orang-orang yang sedang chatting. Jika Anda mengirim pesan pada chat room, maka semua orang yang ada di server akan dapat membaca pesan Anda dan membalasnya secara langsung. Mirip seperimengoblor di dunia nyata.

Ada juga yang dapat dilakukan lewat video sehingga kita dapat melihat lawan bicara kita di ujung sana. Untuk dapat dilihat dan didengar, kita membutuhkan headset dan webcam.

Jika ingin melakukan chatting, kita harus memiliki program chat-client yang beberapa dapat diunduh gratis dari net. Lalu terhubung ke chat server dan mengobrol sampai tangan pegal.
Layanan real-time ini memungkinkan kita melihat status dari orang lain, apakah online atau tidak. Jika online, kita dapat berbicara dengannya lewat audio dan video atau hanya sekedar mengirim pesan.Agar IM dapat berjalan, kesua belah pihak haruslah sama-sama online.Kita mungkin membutuhkan software messenger untuk melakukannya.
VoIP (Voice over Internet Protocol)
Disebut juga Telepon Internet.Artinya kita dapat menelpon lewat jaringan internet alih-laih lewat jaringan telepon biasa.Kita membutuhkan sambungan internet berkecepatan tinggi untuk dapat melakukan Voice over IP ini.Biaya yang dibutuhkan juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan telepon biasa.
- Layanan Derivate
E-Commerce
E-Commerce Istilah e-business berkaitan erat dengane-commerce.Bagisebagian kalangan, istilahe-commercediartikan secara sempit sebagaitransaksi jual beli produk, jasa dan informasi antar mitra bisnis lewat jaringan komputer, termasuk internet. Sedangkane-businessmengacupada lingkup yang lebih luas dan mencakup pula layanan pelanggan,kolaborasi dengan mitra bisnis, dan transaksi elektronik internal

Dalam sebuah organisasi. Meskipundemikian,istilahe-commerce sebenarnyadapat  didefinisikan berdasar 5 perspektif (Phan, 1998):
a)        on-line purchasing perspective
b)       digital communications perspective
c)        service perspective
d)       business process perspective
e)        market-of-one perspective
3.12 Internet Telephony
Internet telephony atau IP telephony merupakan konsep penggunaan jaringan internet untuk melewatkan sinyal telepon dengan delay yang dapat diterima (masih dalam batas toleransi pendengaran manusia). Bentuk aplikasi internet telephony dapat berupa :
1.        Komputer ke pesawat telepon
2.        Pesawat telepon ke komputer
3.        Komputer ke faksimili
4.        Faksimili ke komputer
5.        Antar komputer
6.        Antar pesawat telepon
7.        Antar faksimili
Alasan utama berkembangnya internet telephony adalah biaya yang diperlukan untuk melakukan percakapan lebih murah dari pada percakapan menggunakan saluran telepon biasa, terutama untuk percakapan jarak jauh.Selain itu, dengan teknologi ini dapat dilakukan videoconferencing, pemakaian dokumen bersama, serta pemakaian aplikasi dan white-board bersama.
CARA KERJA
  • Pada satu sisi, gateway terhubung dengan saluran telepon dan dapat berkomunikasi dengan setiap pesawat telepon di seluruh dunia.
  • Di sisi lain, gateway terhubung dengan internet dan dapat berkomunikasi dengan setiap komputer yang terhubung internet di seluruh dunia.
  • Gateway bertugas mengambil sinyal telepon untuk ditransformasikan ke dalam sinyal dijital (jika sinyal telepon tersebut masih analog), kemudian mengkompres sinyal tersebut, dan selanjutnya mengirim sinyal tersebut dalam bentuk paket-paket melalui jaringan internet menggunakan internet protocol (IP) ke tempat tujuan.
  • Gateway melakukan proses sebaliknya dari point ketiga. · Kedua proses terakhir dilakkan secara bersamaan, sehingga dapat dilakukan percakapan yang full-duplex

Untuk melakukan hubungan komputer ke pesawat telepon atau pesawat telepon diperlukan sebuah gateway.Namun, untuk melakukan hubungan antar pesawat telepon diperlukan dua buah gateway.
KUALITAS INTERNET TELEPHONY
Ada dua faktor yang menentukan kualitas dari internet telephony:
1.        Kualitas sinyal suara. Sinyal suara telah dapat dilewatkan melalui jaringan dengan kualitas yang baik menggunakan teknik-teknik pengkodean dan rekonstruksi sinyal untuk me-recover sinyal asli.
2.        Delay suara. Manusia memiliki batas toleransi sebesar 0,25 detik untuk dapat menyimak percakapan dengan baik. Teknologi internet telephony yang ada telah dapat memenuhi dan melampui kecepatan batas ini.
Teleconference
Pengertian teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
Jadi teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi.
>Keunggulan Internet
1)       Konektifitas dan jangkauan global
2)       Akses 24jam
3)       Kecepatan
4)       Kenyamanan
5)       Kemudahan akses
6)       Biaya relatif
7)       Interaktifitas dan fleksibilitas
>Kelemahan Internet
1)       Clutter dan neverending search
2)       Virus
3)       Reabilitas dan Validitas sumber
4)       Ketergantungan jaringan telpon dan isp
5)       Pornografi(gambar/video)

Bab IV
Unit System
4.1 Spesifikasi I/O
I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatualiran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi :Fungsi i/o Pada dasarnyaadalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kodeaplikasi sangat fleksible, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.Port I/O yang berarti gerbang konektorInput/Output pada komputer, seperti pada keyboard,mouse paralel/serial ataupun USB.Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner.UnitInput/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan olehmikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.*Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalammikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse.*Unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antaralain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]).
Peralatan Input
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scannere. Lightpen
f. Trackball
g. Touch Sreen
h. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
i. Optical Character Reader (OCR)
 j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
4.2 Spesifikasi Mohtherboard
Motherboard adalah komponen paling utama pada komputer.Kualitas motherboard sangat berpengaruh pada kemampuan dukungan terhadap jenis dan kapasitas komponen lainnya serta batas kemampuan upgrade.
Spesifikasi yang harus diperhatikan pada motherboard adalah
  • Jenis Slot/ Socket Prosessor,
Jenis konektorprosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Contoh

Socket 478 dapat dipakai untuk semua prosessor kelas Pentium 4 dan Celeron 4 dengan FSB 400, 533 dan 800 Mhz.
  • Chipset motherboard
Pilih motherboard dengan chipset terbaru yang mendukung memori SDRAM DIMM atau RDRAM RIMM, AGP slot 4X minimal dan harddisk ATA 100 minimal.
  • Jenis dan kapasitas slot memory
Slot jenis DDR DIMM atau RIMM adalan pilihan yang terbaik karena mendukung kapasitas memori lebih besar. Untuk kecepatan, memori terbaik adalah DDR SDRAM atau RDRAM, tetapi RDRAM lebih mahal.
  • Slot ekspansi
Perhatikan jenis dan jumlah slot ekspansi yang tersedia, seperti PCI bus minimal tipe 2.1, AGP bus 4 X support (minimum) dan ISA bus. Sesuaikan slot ekspansi dengan card adapter yang akan dipasang. Sebaiknya masih tersisa slot kosong untuk memasang card adapter yang mungkin diperlukan.
  • Port I/O
Periksa jenis dan jumlah port I/O yang tersedia seperti USB, firewire, serial dan parallel port. Sesuaikan dengan kebutuhan piranti eksternal.
  • Feature
    Motherboard berkualitas baik akandiilengkapi dengan feature Power Management ACPI untuk efisiensi penggunaan daya listrik dan PnP System (Plug and Play) yakni instalasi otomatis piranti eksternal
    .
4.3 Spesifikasi Power Supply
Power supply unit atau disingkat PSU adalah komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Lebih khusus, power supply unit biasanya dirancang untuk mengkonversi arus linstrik bolak-balik (AC 220-240V) menjadi arus listrik DC tegangan rendah untuk dapat dikonsumsi oleh komponen internal komputer. Beberapa pasokan listrik memiliki tombol untuk mengubah antara 230 V dan 115 V. Model lainnya memiliki sensor otomatis untuk beralih tegangan input secara otomatis, atau dapat menerima tegangan antara batas-batas tertentu.

Pasokan daya komputer yang paling umum digunakan saat ini adalah bentuk ATX (Advanced Technology Extended).Hal ini memungkinkan pasokan daya yang dapat saling berbeda bagi berbagai komponen di dalam komputer. ATX juga dirancang untuk menghidupkan dan mematikan menggunakan sinyal dari motherboard, dan memberikan dukungan untuk fungsi-fungsi modern seperti modus stand by yang tersedia di banyak komputer. Spesifikasi terbaru dari PSU ATX standar sampai pada awal 2010 adalah versi 2.xx.

Pasokan listrik Komputer dinilai berdasarkan daya keluaran maksimum.Rentang daya yang tipikal adalah dari 300 W sampai 500 W untuk sistem komputer rumah biasa. Dengan tuntutan kebutuhan pasar maka Power supply yang digunakan oleh kebanyakan para gamer saat ini mulai dari 450 W sampai 1400 W. Sementara untuk server bisa menggunakan power supplu unit dengan daya hingga 2 kW.

Peringkat kekuatan power supply PC tidak bersertifikat resmi hanya sesuai dengan klaim masing-masing produsen. Artinya jika mereka menulis 500W maka belum pasti bahwa dayanya memang konstan 500W, bisa jauh lebih rendah. Oleh karena itu ketika membeli power supply unit belilah yang bersertifikat resmi, artinya tidak diragukan daya dan stabilitasnya.

Efisiensi Power Suply Unit

Pasokan listrik Komputer umumnya sekitar 70-75% efisien. Itu berarti agar power supply 75% efisien untuk menghasilkan output 75 W DC akan memerlukan 100 W input AC dan menghilangkan sisanya 25 W berupa panas. Pasokan listrik yang berkualitas tinggi dapat lebih dari 80% efisien; PSU yang efisien energi lebih sedikit membuang energi menjadi panas, dan membutuhkan aliran udara kurang dingin, dan sebagai hasilnya akan lebih tenang. Kononkabarnya pasokan listrik Server Google lebih dari 90% efisien, pada 2 server HP pasokan listriknya telah mencapai efisiensi 94%. Standar PSUs yang dijual workstation server memiliki efisiensi sekitar 90%, pada tahun 2010.

Sangat penting untuk menyesuaikan kapasitas power supply dengan kebutuhan daya komputer. Efisiensi energi pasokan listrik akan turun secara signifikan pada beban rendah. Umumnya efisiensi puncak beban sekitar 50-75%. Kurva bervariasi dari satu model ke model lain. Sebagai aturan praktis untuk pasokan listrik standar biasanya tepat untuk membeli power supply yaitu bahwa konsumsi yang dihitung dari komputer seseorang adalah sekitar 60% dari kapasitas nilai pasokan yang disediakan. Artinya konsumsi maksimum yang dihitung dari komputer tidak melebihi peringkat kapasitas pasokan.

4.4 Spesifikasi Port
Suatu ketika mungkin Anda akan menghadapi situasi dimana Anda harus memasang kabel-kabel komputer sendirian. Misalnya saja habis servis komputer. Pada saat demikian, pengetahuan tentang fungsi port komputer (colokan komputer) akan sangat membantu pekerjaan Anda.
Berikut adalah jenis dan fungsi port komputer yang wajib Anda ketahui.Mengapa wajib?Karena port-port komputer ini adalah port yang paling umum digunakan.
Fungsi Port Komputer
1.      Port Power Supply
Fungsi port komputer yang satu ini adalah sebagai sumber listrik.Kabel dari port ini biasanya dihubungkan ke stabilizer, dan stabilizer tersebut terhubung langsung ke colokan listrik.
Di dekat port power supply biasanya juga terdapat port yang hampir mirip bentuknya. Port ini berfungsi sebagai sumber listrik untuk monitor. Jika tidak ada port untuk monitor, berarti monitor harus langsung dihubungkan dengan colokan listrik.
2.     PS/2 Port
Keyboard dan mouse dihubungkan melalui port ini.Namun demikian akhir-akhir ini makin banyak keyboard dan mouse usb.Keyboard dan mouse jenis ini tidak lagi memerlukan PS/2 Port, namun USB Port.Jika Anda memiliki keyboard atau mouse dengan ujung kabel bundar, seperti gambar di bawah, maka hubungkan saja ke PS/2 Port.
3.     Serial Port
Penjelasan teknisnya, port ini berfungsi untuk mengirimkan satu bit per satuan waktu. Port ini sering disebut dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 atau 25 pin.
Contoh penggunaan port ini adalah untuk menghubungkan piranti seperti printer, card reader, modem, pembaca kartu magnetik, dan pembaca barcode.Namun demikian akhir-akhir ini piranti yang saya sebutkan di atas lebih banyak menggunakan USB Port.



4.     Parallel Port
Fungsi port komputer satu ini adalah untuk menghubungkan printer parallel dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin. Lagi-lagi, port komputer ini juga termasuk jarang digunakan.
5.     VGA Port
Port ini berfungsi untuk menghubungkan monitor komputer. Jika monitor tidak memunculkan gambar dengan baik, pastikan port ini benar-benar terhubung dengan baik ke monitor.
Selain untuk monitor, port VGA ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan komputer ke proyektor.
6.     USB Port
Saya rasa Anda pasti sudah cukup kenal dengan port komputer ini.Akhir-akhir ini hampir semua piranti bisa dihubungkan ke komputer dengan USB port.Cukup lihat kabel penghubung piranti Anda.Jika bentuknya cocok dengan USB port, maka hubungkan saja ke USB port. Contoh piranti yang mendukung USB port adalah printer, hard drive eksternal, card reader, mouse, keyboard, modem, dll.
7.     RJ45 NIC
Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke suatu jaringan (biasanya LAN [Local Area Network].Misalnya seperti di warnet atau sekolahan.Tiap komputer terhubung melalui port ini.
Selain untuk jaringan komputer, ada kalanya suatu provider internet menyediakan modem yang harus dihubungkan ke port ini. Misalnya saja modem dari Speedy.
8.     Audio Jacks
Port ini berbentuk bulat dan 3 berjejer.Fungsi port komputer yang satu ini adalah untuk menghubungkan piranti audio ke komputer.Contohnya adalah speaker, headset, microphone.
9.     56K Modem Port
Port ini digunakan untuk menghubungkan modem 56K.Untuk akhir-akhir ini, port ini juga sudah jarang dipakai. Modem yang tersedia di pasar biasanya menggunakan port USB.
4.5 Spesifikasi Main Memory
Main Memory terdiri dari 2 bagian utama yaitu:
1.        RAM (Random Acces memory)
 RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian

harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.
Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
a)        Input Storage
Berfungsi untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
b)       Program Storage
Berfungsi untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akandiakses.
c)        Working Storage
Berfungsi untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d)       OutputStorge
Berfungsi untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output
2.        ROM (Read Only memory)
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :
a)        PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali.
b)       EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapatdiprogram kembali berulang-ulang.
c)        EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory),dapat dihapus secaraelektronik dan dapat diprogram kembali.
4.6 Spesifikasi Processor
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu

terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
    Aritcmatics Logical Unit (ALU)
    Control Unit (CU)
    Memory Unit (MU)

Sejarah Perkembangan Mikroprocessor :
1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya

1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004

1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

1993 : Intel® Pentium® Processor 
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

1995 : Intel® Pentium® Pro Processor 
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5jt transistor yang tertanam. 

1997 : Intel® Pentium® II Processor 
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien.Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik. 

1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor 
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server.Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999 : Intel® Celeron® Processor 
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang

 lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu. 

2000 : Intel® Pentium® 4 Processor 
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz. 

2001 : Intel® Xeon® Processor 
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula. 
2001 : Intel® Itanium® Processor 
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ). 

2002 : Intel® Itanium® 2 Processor 
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium 

2003 : Intel® Pentium® M Processor 
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana. 

2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors 
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets 
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces. 

2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz 
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading. 

2005 : Intel Pentium D 820/830/840 
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

Bab V
Peralatan Input Device
5.1 Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam perantiyaitu :
a.        Keyboard
Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.

Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
b.       Mouse
Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

Gambar 2.1 Mouse Wireless

c.        Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch ped
Track Ball
Pointing Stick

d.       Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar Light Pen

e.        Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Gambar joy Stick dan Paddle Games


f.         Barcode
 
Gambar Barcode Reader                 Gambar Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g.        Scenner
Gambar Scenner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas

edangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan

perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah.Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h.       Kamera digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i.         Mikropon dan Heandphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat

keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j.         Graphics pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh (touchsensitive pad) tanpa menggunakan jarum.Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Bab VI
Peralatan Output Device

6.1 Pengerian Output Device
Output device adalah semua peralatan pada komputer yang berguna untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil proses yang dapat berupa tulisan (huruf, angka,simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machinereadable form)
Contoh-contoh Output Device yaitu :
1.        Monitor
Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.

2.        Printer
Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas.Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer.Tinta / toner adalah bahan pencetaknya.Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan.Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
3.        Speaker
Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4.        Plotter
Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik.

Bab VII
External Storage

7.1 External Storage
External storage device pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 yaitu disket 8” yang hanya dapat menyimpan data file, disket 8” banyak dipergunakan dari tahun 1971-1975 dengan kapasitas (80Kb-1.000Kb). Kemudian pada tahun 1976-1984 muncul disket 5¼” dengan kapasitas (110Kb-1.200Kb), pada tahun 1984-1991 muncul disket 3½” dengan kapasitas (720Kb-2.880Kb), sehingga disket yang terdahulu sudah jarang digunakan. Disket "dibaca" dan "ditulis" menggunakan floppy disk drive (FDD).
Kemudian pada tahun 1992 muncul CD-R, CD-R muncul dengan memberikan kelebihan dibandingkan disket. CD-R memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan disket dengan kapasitas (700Mb) dan CD-R tidak hanya dapat menyimpan data file, akan tetapi juga dapat menyimpan data gambar, data suara dan data video. Kemudian CD-R diperbaharui lagi dengan munculnya CD-RW, CD-RW tidak hanya dapat dibaca tetapi juga dapat ditulis ulang, untuk dapat membaca isi CD-R, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive.
Pada tahun 1997 muncul DVD, DVD bentuk fisiknya sama dengan CD-R, namun DVD memiliki beberapa perbedaan dari CD-R; Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD, DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer, untuk dapat membaca isi DVD alat utama yang diperlukan adalah DVD Drive.
Memory Card (MC) merupakan tipe flash memory yang digunakan banyak perangkat portabel. MC dikembangkan pada tahun 1997 dengan kapasitas yang beragam mulai dari (2Gb-8Gb) Untuk membaca data digital yang disimpan didalam kartu memori diperlukan perangkat pembaca kartu memory (memory card reader).
Dan yang terbaru saat ini adalah Flash Disk adalah alat penyimpanan data memory flash dengan IC yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Pada tahun 2006, kapasitas yang tersedia untuk flash disk ada dari 128 Mb sampai 64 Gb.

7.2 Disket
Disket atau floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastic berbentuk persegi atau persegi panjang. Disket "dibaca" dan "ditulis" menggunakan floppy disk drive (FDD). Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 Mb (seperti yang tertera pada disket), meski kapasitas sebenarnya sekitar 1,38 Mb.

Awal diperkenalkan pertama kali disket memiliki ukuran 8” dengan kapasitas hanya 80 Kb pada tahun 1971, dan mengalami perkembangan dengan meningkatnya kapasitas dari 80 Kb hingga 1.000 Kb dengan ukuran yang sama pada tahun 1975. lalu pada tahun 1975 sampai 1984 disket mengalami perubahan pada ukurannya, dari 8” menjadi 5¼” dengan kapasitas 110 Kb sampai 1.200 Kb, dan pada tahun 1984 sampai 1991 disket mengalami perubahan ukuran menjadi 3½” dengan kapasitas 720 Kb sampai 2.800 Kb. Ragam ukuran disket, kapasitas dan tahun diperkenalkannya:

7.3 CD-R (Compact Disc-Recordable)
CD-R (Compact Disc - Recordable) adalah sebuah piringan compac dari jenis piringan optic(optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini mencapai 700 Mb. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-R, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-R terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
CD-R dan CD-RW dapat menyimpan data file, data gambar, data suara dan data video. Walaupun CD-R dan CD-RW memiliki kapasitas yang lebih besar dari pada disket.
CD-R dan CD-RW memiliki kelemahan yaitu sangat rentan gores pada piringan opticnya sehingga menyebabkan data yang ada pada CD tersebut tidak dapat terbaca oleh CD Drive.

7.4 DVD (Digital Versatile Disc)
DVD (Digital Versatile Disc) merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD. Tetapi DVD memiliki keunggulan yakni dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari computer, kapasitasnya pun sangat berbeda jauh dengan CD, yakni 1.46Gb sampai 17Gb.
DVD juga memiliki berbagai macam format fisik (Physical Formats), seperti: DVD-1, DVD-2, DVD-3, DVD-4, DVD-5, DVD-9, DVD-10, DVD-14, DVD-18. Untuk dapat membaca isi DVD alat utama yang diperlukan adalah DVD Drive. Walaupun DVD memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan CD, DVD memiliki kelemahan yang sama seperti CD yakni sangat rentan terhadap goresan pada piringan opticnya.
DVD juga memiliki beberapa fiture yang tidak dimiliki oleh CD, seperti;
·       DVD mampu menyimpan 8 track digital audio untuk berbagai bahasa, yang masing-masing memiliki 8 channel.
·       DVD mampu memberikan on-screen menu.
·       DVD dapat memuat berbagai bahasa mulai dari percakapan, subtitle dan sebagainya.

·       DVD dapat melakukan rewind dan forward yang lebih instant, atau bahkan memilih lewat chapter.
·       DVD memiliki spesial effect seperti freeze (diam), slow, fast dan sebagainya.

7.5 Memory Card (MC)
Memory card (MC) adalah sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital, suara digital dan video digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16Mb, 32Mb,64Mb, 128Mb, 256Mb dan seterusnya kelipatan dua. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang sampai sekarang ini ada sekitar 19 jenis (PCMCIA, CF-I, CF-II, SM, MS, MSD, MSPD, MSPDX, M2, MMC, RS-MMC, MMCmicro, SD, SxS, UFS, miniSD, microSD, iStick).
Jumlah kapasitas terbesar saat ini adalah tipe CF (Compact Flash) dengan 8 GB. Untuk membaca data digital yang disimpan didalam kartu memori kedalam komputer diperlukan perangkat pembaca kartu memory (memory card reader) yang terhubung dengan USB. MC memiliki keunggulan pada security dibandingkan dengan CD maupun DVD, karena MC tidak memiliki bagian optical yang mudah tergores dan MC juga lebih stabil pada saat proses pembacaan data karena pada MC tidak ada bagian yang bergerak pada saat proses pembacaan data.
Card reader adalah alat untuk membaca memory card (MC) yang dihubungkan kekomputer melalui USB. Pada awalnya card reder dirancang hanya untuk membaca satu jenis MC saja, kini sudah banyak card reader yang dapat membaca berbagai jenis MC, alat ini disebut Multi card reader.
7.6 Flash Disk
Flash Disk adalah alat penyimpanan data memory flash dengan IC yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi dengan komputer. Flash disk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Flash disk memiliki kapasitas mulai dari 128 Mb sampai 64 Gb.Flash disk memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat (CD dan DVD). Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) dan flash disk dapat langsung dihubungkan ke komputer melalui USB tanpa harus melewati perantara seprti MC yang harus menggunakan Card Reader.
Walaupun flash disk memiliki banyak keuggulan tetapi flash disk tidak dapat langsung terbaca pada OS lama seperti pada Windows 98 dan generasi sebelumnya, untuk dapat menggunakan flash disk pada OS tersebut harus menginstal terlebih dahulu drivernya agar terbaca oleh computer. OS yang dapat langsung membaca flash disk atau memiliki sistem plug and play seperti Win2000, WinXp, WinVista, dan OS Linux

DAFTAR PUSTAKA
http://www.makalahkomputer.com/fungsi-dan-jenis-jenis-port-pada-komputer/
http://naughtyric.blogspot.com/2011/01/fungsi-dan-jenis-port-pada-komputer.html
http://hamidcell.files.wordpress.com/2011/10/backpanel1.jpg
buku catatan pengantar teknologi informasi selama satu semester



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Map Watampone

Map MAKASSAR

adista saranghe

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates