Ads 468x60px

fb

https://www.facebook.com/andhiny.lovefamilyrhezec?fref=ts

Foto Slide Show

" />
" />

Translate

Daftar Pengunjung

Download

Daftar Isi

jam

panitia inagurasi aicom XI

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=655313637826016&set=t.100003637892572&type=3&theater

Kamis, 22 Januari 2015

Membuat Creat, Read, Update, Delete (CRUD) dengan Codeigniter

 
Ada banyak cara membuat aplikasi CRUD dengan framework codeigniter, salah satunya adalah yang akan saya share melalui tulisan berikut ini. Disini saya menggunakan CRUD generator dari grocerycrud, jadi disini kita hanya perlu mengatur bebarapa setingan. Hampir sama seperti postingan saya sebelumnya yaitu membuat galeri foto dengan codeigniter.


Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan:
1. Codeigniter, disini saya menggunakan versi 2.1.4
2. Grocery Crud, yang saya gunakan versi 1.4.1
3. Tentunya webserver dan teman-temannya, disini saya menggunakan XAMPP yang didalamnya sudah terdapat webserver, bagi yang belum terinstal di dalam komputernya dapat mengikuti pentunjuk yang ini.
Apabila semua hal di atas sudah tersedia, mari kita masuk ke langkah selanjutnya yaitu proses instalasi:
1. Letakkan kedua file di htdocs, kemudian extract keduanya sehingga menjadi seperti ini:
2. Rename folder CodeIgniter_2.1.4 menjadi CRUD atau sesuai dengan keinginan anda.
3. Setelah itu buka folder grocery-crud-1.4.1 copy semua file dan folder assets kecuali folder application ke dalam folder CRUD.
4. Masih di dalam folder grocery-crud-1.4.1 buka folder application>config kemudian copy kan file grocery_crud.php ke dalam folder CRUD>application>config
5. Lakukan hal yang sama seperti pada no.4 ntuk file yang berada di dalam folder controllers, libraries, models, dan views tentunya pada folder yang memiliki nama sama.
6. Kita masuk ke dalam folder CRUD lalu extarct file examples_database.sql.zip
7. Pada tahap ini kita masuk pada pembuatan database, buka browser kesayangan anda lalu masukkan url berikut: http://localhost/phpmyadmin/
8. Klik tab Databases, pada kolom Create database masukan crud_db kemudian klik tombol create, kurang lebih seperti ini penampakannya:
9. Klik database crud_db yang ada di sebelah kiri kemudian klik tab import lalu pilih file examples_database.sql yang sudah anda extract tadi pada folder CRUD kemudian klik tombol GO.
10. Pada langkah ini kita akan menkonfigurasi databasenya, silahkan anda buka file database.php yang berada di dalam folder CRUD>application>config kemudian isikan username=root dan database=crud_db.
11. Selamat anda telah menyelesaikan tahapan membuat aplikasi crud dengan codeigniter, sekarang tinggal memanggilnya pada browser dengan url berikut ini http://localhost/crud/index.php/examples/. disana akan terdapat bebarapa tab yaitu Customers, Orders, Products dst, tinggal anda klik satu persatu. 
Untuk fasilitas yang ada yaitu berupa fasilitas add record, export ke dalam file .xls, print, search, action edit dan juga delete, kemudian sort by. Andapun dapat mengkonfigurasi relasi tabel sesuai kebutuhan, untuk lebih jelasnya dapat membaca dokumentasi dari grocerycrud.
Sekian dulu postingan mengenai cara membuat CRUD menggunakan Codeigniter semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penulisan artikel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Map Watampone

Map MAKASSAR

adista saranghe

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates