Ads 468x60px

fb

https://www.facebook.com/andhiny.lovefamilyrhezec?fref=ts

Foto Slide Show

" />
" />

Translate

Daftar Pengunjung

Download

Daftar Isi

jam

panitia inagurasi aicom XI

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=655313637826016&set=t.100003637892572&type=3&theater

Kamis, 22 Januari 2015

Membuat Galeri Foto dengan Codeigniter


galeri-gambar-sederhana-codeigniter

Membuat galeri foto dengan codeigniter akan sedikit saya coba jelaskan, dengan memanfaatkan codeigniter dan instant photo galllery crud dari grocery crud. Klik link berikut untuk melihat demonya: DEMO
Walaupun malam ini sedang pusing menentukan jalan hidup, antara ngelamar kerja atau tetap pada tujuan utama yaitu menjadi seorang teknopreneur namun yang jelas sekarang masih bergumul dengan ppc dan affiliate yang tak kunjung PO, gak apa-apa curcol disela posting. Saya lanjutkan ke tujuan semula yaitu bagaimana membuat galeri gambar dengan codeigniter, saya asumsikan apache,mysql,php dan kawan-kawan nya sudah terinstal di kompi anda masing-masing.
Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
1. Codeigniter(disini saya menggunakan CI versi 2.1.4)
2. Instant Photo Gallery CRUD (saya memakai versi 0.6)

Jika bahan-bahan sudah terkumpul semuanya, mari kita lanjutkan pada tahap selanjutnya yaitu proses mengimplementasikannya. Agar tercipta suatu hasil sesuai seperti yang diharapkan yaitu membuat galeri foto dengan Codeigniter, kedua bahan tadi harus di extract terlebih dahulu, berikut tampilan folder setelah di extrac:


image gallery codeigniter
Kemudian copy file yang berada di dalam folder image-crud-0.6 ke dalam folder CodeIgniter_2.1.4 sesuai pada tempatnya yaitu file image_crud.php yang berada di folder image-crud-0.6>application>config paste ke dalam folder CodeIgniter_2.1.4>application>config. Untuk file yang lain juga sama yaitu file yang berada di dalam folder controller di paste ke dalam folder controller juga. kemudian copy folder assets yang berada di dalam image-crud-0.6 dan paste ke dalam folder CodeIgniter_2.1.4. Jangan lupa untuk copy juga file yang berada di dalam image-crud-0.6 buat menghargain sang pembuat yaitu file change_log.txt, example_database.sql, license-gpl3.txt, license-image-crud.txt, license-mit.txt ke dalam folder CodeIgniter_2.1.4.

Sekarang kita berfokus pada folder CodeIgniter_2.1.4, biar lebih afdol kita rubah dulu nama folder CodeIgniter_2.1.4 menjadi folder galeriku. Kita masuk dulu ke pengaturan database, buat sebuah database dengan nama galeriku, saya anggap anda sudah bisa bagaimana cara membuat database pada phpmyadmin (kalo masih bingung nanti komen aja di bawah... hehe). Update: Berhubung tidak semua pembaca dapat membuat database di phpmyadmin, saya akan coba berbagi langkahnya walaupun caranya sama dengan postingan membuat crud dengan codeigniter:
pertama masukkan url http://localhost/phpmyadmin/ , jangan lupa pada XAMPP aktifkan Apache dan MySQL terlebih dahulu. Kemudian klik tab Databeses dan isikan nama database pada kolom Create database yaitu galeriku , terakhir klik tombol create. Berikut tampilannya:
Masih di phpmyadmin klik database galeriku yang terletak di sebelah kanan, Setelah database galeriku berhasil dibuat kemudian import file examples_database.sql yang berada di dalam folder galeriku ke dalam database galeriku dengan cara klik tab import, browse dan pilih file examples_database.sql kemudian klik Go.
 
Setelah file .sql berahasil di import akan ada empat tabel, yaitu tabel example_1, example_2, example_3, example_4. Kemudian seting pengaturan database yang berada pada galeriku>application>config>database.php, dan masukan usernamenya=root, databasenya=galeriku. berikut ini tampilan dari file database.php:

membuat-galeri-foto-codeigniter
Pada langkah ini kita sudah berhasil membuat galeri foto dengan codeigniter, hehe. Untuk mengetesnya tinggal ketikkan di browser kesayangan anda url berikut http://localhost/galeriku/index.php/images_examples/
akan tampil beberapa menu yaitu menu example 1 dan seterusnya, berikut tampilan jika kita mengklik example 4 - images with title:
contoh-image-galeri-sederhana-codeigniter

Selesai sudah cara membuat image gallery sederhana menggunakan codeigniter, sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis, tapi berhubung saya harus tidur jadi next posting saja, atau silahkan komen bagi yang ingin bertanya atau memberikan masukan agar postingan ini lebih bermanfaat lagi bagi semua Bangsa Indonesia khususnya dan bangsa manusia umumnya, hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Map Watampone

Map MAKASSAR

adista saranghe

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates